Friday, October 21, 2011

Ramayana Ballet Prambanan

huaaaaaaaaa.. akhirnya aku bisa nonton Sendratari (seni drama dan tari) Ramayana di Candi Prambanan.. seumur-umur baru sekali ini aku nonton,, ahhahhaa,, padahal rumahku tu dekeeettt banget sama candi prambanan.. jalan kaki nggak sampe 10 menit udah sampe.. hahahaa..
lha setauku tu mahal je kalo mau nonton, tapi beberapa saat yang lalu ada temenku yang nawari tiket nonton Ramayana cuma Rp 20.000,00

whaaatttt???

CUMA 20ribu???

awalnya aku nggak percaya, tapi setelah dikasih tau kalo itu tiket untuk pelajar, akhirnya aku menyetujuinya..
kapan lagi bisa nonton Ramayana dengan tiket semurah itu?
hehhehhee..

well, singkat cerita aku datang ke kompleks Ramayana di Candi Prambanan, awalnya aku pikir bakalan nonton di gedung Trimurti (indoor), ternyata ehh ternyata diluar dugaanku,, ada banyak sekali bus pariwisata, mobil-mobil serta motor-motor yang memenuhi parkiran..

waooww..
ternyata kali ini pentasnya outdoor bok! huaaa.. nggak kebayang gimana senengnya aku.. apalagi aku melihat lautan manusia yang memenuhi bangku-bangku yang mengelilingi panggung terbuka tersebut..

ada banyak mahasiswa yang nonton, ternyata kebanyakan dari UGM, especially dari Fakultas Ilmu Budaya.. kebanyakan sih anak-anak Kepariwisataan.. hehehe.. anak-anak sastra inggris juga banyak sih, tapi kebanyakan adik angkatan je.. kalo yang seangkatan sama aku mala, hendro, sinta, andrew, nisa dan..
trus ada mahasiswa-mahasiswa dari Singapura, Thailand, etc..
trus ada banyak bule yang ganteng-ganteng pula,, wkwkkwkwk..

aku dapet tempat duduk di tribun paling belakang agak pojok pula.. tapi itu nggak mengurangi rasa penasaranku untuk menonton secara langsung pagelaran yang menurutku maha-dahsyat ini.. yaa karena sendratari ini melibatkan puluhan penari-penari berbakat, lalu musik gamelannya juga live, selain itu background nya tu candi prambanan yang maha megah ..

aku kembali berdecak kagum ketika melihat rama dan shinta yang mulai berduet menari, gerakan-gerakan yang mereka suguhkan tuh bener-bener AWESOME!!!
aku sukaaa bangett lahh..



jadi keinget jaman SD dulu ketika aku masih menjadi Penari..hehehe.. gini-gini aku bisa nari lohh,, dulu sering pentas pas 17an.. hehehhee..
tapi sekarang udah lupa dan nggak luwes nari lagi,, mungkin dikarenakan badanku menggendut kali yaa.. hihihhiiii..

back to the Ramayana Ballet,
ketika sedang asik menonton, tiba-tiba mala yang duduk disampingku nyeletuk, "ehh gerimis dis"
lalu aku bilang ke dia "tenang aja,, cuma gerimis kecil kok, nggak mungkin ujan kok,, disini jarang ujan soale"
lalu mala bilang lagi "ehh tapi itu gerimisnya makin deres dis, yawda aku berteduh dulu yaa, ayoo kamu  ikut nggak?"

Mala udah jalan duluan cari tempat berteduh, tapi entah kenapa aku masih takjub melihat penari-penari itu menari dengan gemulainya.. padahal gerimis semakin deras.. lalu tiba-tiba lautan manusia di depanku mulai beranjak dan terjadinya kepanikan yang membuat orang-orang lari tunggang langgang mencari tempat perteduhan.. aku sempat melihat penari-penari di tengah panggung juga berhamburan mencari tempat perlindungan..
dan terjadilah  hujan lebat.. waowww.. akhirnya Prambanan diguyur hujan jugaa... ada rasa senang dan juga kecewa yang menyelimutiku..
aku senang, karena yang aku tunggu-tunggu sekian bulan tergenapi sudah.. hehehe.. beberapa hari terakhir ini aku berdoa sama Tuhan agar Prambanan hujan, karena disini bener-bener panasss dan gersang banget.. dan ternyata Tuhan mengirimkan hujan .. Thanks God!
on the other hand, aku kecewa karena pertunjukkan sendratari ramayana yang baru aja aku tonton tuh belom selese.. aku penasaran banget sama ending ceritanya.. ehhmm. lebih tepatnya aku sangat menunggu-nunggu klimaks dari pentas tersebut.. yaitu pada saat obong-obong (bakar-bakar) jadi kan ada adegan si Hanoman itu berdiri di tengah-tengah api..
kira-kira kayak gini gambarnya >>



karena hujan semakin lebat, dan nggak tau kapan berhentinya, maka kuputuskan untuk pulang ke rumah.. sedangkan teman-temanku masih menunggu hujan disana..
yaa.. someday aku pengen nonton lagi di panggung terbuka :D

6 comments:

Intan Ekapratiwi said...

pengen nontooooonnnn -_____________- adis kok gak ajak2 akuuu -_____-

Adhisti Vega Kerleonis said...

lhaa aku juga cuma diajak dadakan je tan.. ehh kapan2 nonton yukkk.. tapi kayaknya baru bisa taun depan dehh tan.. soale ini kan udah akhir oktober, udah musim penghujan, dan nggak bakalan ada pentas ramayana lagi. hehehehe..

sabaarr yaaa

covalimawati said...

huwaaaa..kereeen.. pengen bgt nonton.. huhuuu..

Adhisti Vega Kerleonis said...

dateng aja ke Prambanan kalo pengen nonton.. tapi harus nunggu bulan Mei taun depan, soalnya pentas sendratarinya antara mei-oktober. hehehhe.. oyaa paling keren yg di outdoor, apalagi kalo lagi bulan purnama, hehehhe

inten said...

Saya minta foto dari artikel ini untuk dicopy ke blog saya ya.. terima kasih sebelumnya. Fotonya indah sekali :)

untuk artikel ini : http://bungajepun.blogspot.com/2012/02/sinta-dibakar-sebuah-klarifikasi.html

Adhisti Vega Kerleonis said...

iyaa silakan saja :)